Kunci Utama Menjaga Sayur & Buah Tahan Lama

Manusia memang sangat baik untuk bisa mengkonsumsi adanya sebagian buah-buahan dengan di tambahkan oleh sayuran pada makanan pokoknya. Hal ini memang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan daya kesehatan tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari agar tidak mudah lemas. Pasalnya, dalam buah dan sayur ini banyak sekali mengandung akan adanya Vitamin, Mineral, dan juga serat yang sangat baik untuk pencernaan tubuh kalian masing-masing. Dikutip Dari tirto.id  yang mana diambil langsung oleh U.S.Department of Agriculture pada jumlah buah dan sayur tersebut akan benar-benar disesuaikan dari Usia, Jenis Kelamin, sampai pada tingkatan aktivitas yang dilakukan oleh orang tersebut. 

sayur buah 300x219 - Kunci Utama Menjaga Sayur & Buah Tahan Lama

Kurang lebihnya, manusia setiap hari memerlukan mengkonsumsi hanya 1-2 cup ( 128 gr ) buah dan untuk sayuran 1 – 3 cup. Dengan mengkonsumsi adanya buah-buahan dan juga sayuran ini dinilai mampu untuk menurunkan adanya sebuah resiko dari berbagai macam kondisi kesehatan pada tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke hingga sampai pada jenis kanker tertentu. Tentu saja bukan, sayur dan buah yang di perlukan ini menjadi pilihan buah dan sayur yang masih segar. Maka dari itu, kalian wajib nih menyimpan adanya buah dan sayuran secara baik dan benar agar nantinya tidak menimbulkan penyakit dari kalian mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut. 

Penyimpanan Sayuran dengan Buah agar Tetap Tahan Lama 

> untuk sayuran memiliki standar suhu, kelembaban sampai sirkulasi udara penyimpanan tertentu demi menjaga kualitas sayuran tersebut tetap ada. 

> kurang lebih sama seperti si sayuran, namun lebih terbilang mudah saja dibanding sayuran yang cepat sekali menuai kelayuan dan rasa nantinya jadi kurang sedap ketika diolah menjadi makanan. 

1.1 Sayuran > Kacang-kacangan 

Jenis sayuran ini masuk kedalam kelompok sayuran yang banyak sekali akan protein nabati yang di hasilkan  serta banyak sekali serat di dalamnya. Car yang baik dan benar untuk menyimpan kacang ini dengan cara : kalian kupas terlebih dahulu kacang tersebut dan juga bisa membiarkan si kacang ini mengalami kering bersamaan dengan si kulit kacang tersebut. 

1.2 Buah > Apel 

Penghasil produsen gas etilen ini ya si buah Apel. maka dari itu, buahnya haruslah kalian simpan pada sebuah tempat yang pastinya harus berbeda dengan si sayur lainnya agar tidak mempercepat adanya sebuah pembusukan pada produk sejenisnya. Buah tersebut mampu untuk kalian simpan di meja makan yang terbuka sampai sekitar 1 minggu sebelum memasuki tahapan pembusukan dan juga bisa kalian simpan di lemari es yang dapat sedikit memperlambat pembusukan itu datang ke buah Apel. kalian bisa meletakkan si apel ini dalam sebuah bungkusan plastik yang telah diberi sedikitnya lubang atau juga bisa kalian bungkus dengan menggunakan adanya kertas secara satu persatu agar nantinya tidak mengalami percampuran langsung dengan sayuran yang kalian miliki. 

 1.3 Sayuran > Hijau-Hijauan 

Sayuran yang berwarna hijau, memang harus kalian jaga ketat agar tahan lama dalam masa penyimpanannya. Sayuran hijau yang dimaksud ialah daun Selada, daun Seledri, daun Kangkung, daun Bayam, daun Caisim dan daun lainnya yang memang harus kalian simpan di lemari es agar bisa tahan lebih lama lagi. Jangan lupa, sebelum kalian menyimpannya juga harus benar-benar di cuci secara menyeluruh agar nantinya si sayuran masih tetap terjamin kebersihannya dan juga saat masukan sayuran ke dalam kulkas harus dalam bentukan keringnya. 

Sayuran yang ada ini akan langsung kalian keringkan kembali dan dibungkus langsung dengan adanya tisu dapur maupun wadah plastik yang memang tertutup semuanya. Hal ini memang dikarenakan agar nanti si sayuran tersebut tidak mudah mengalami pembusukan. Kalian ingat juga, walau sebelumnya sudah kalian cuci, ketika ingin kalian gunakan lagi coba untuk mencucinya lagi agar benar-benar terjamin untuk kebersihannya sebelum masuk dalam tahapan pembuatan makanan dengan penggunaan bahan tersebut. 

1.4 Buah > Alpukat 

Buah yang riskan dalam penyimpanannya ini, memang perlu kalian rawat baik-baik jika ingin membuat si buah jadi tahan lama. Jika kalian memiliki buah yang belum matang di pohonnya langsung, maka bisa kalian taruh buahnya tersebut di lemari es dalam jangkauan waktu 2 hingga 3 hari. Jika pad nantinya kalian sudah memotong si alpukat namun belum terlihat matang, maka kalian bisa memberikan adanya sedikit perasan lemon atau juga perasan jeruk nipis di daging buahnya. Sebelum kalian bisa taruh kembali pada lemari es, maka periksa kembali apakah alpukat ini sudah memiliki tekstur untuk bisa dimakan.

Oiya, tips lagi yang pernah mimin alami, ketika memasukan buah alpukat dalam kulkas jangan taruh di bagian bawah tempat kulkas ( bagi pintu satu ) hal ini disebabkan alpukat jadi cepat matang dan membusuk. 

1.5 Sayur > Tomat 

Biasanya kalian menyimpan Tomat ini di kulkas atau di tempat suhu pada derajat umumnya ?.. 

Sebenarnya, untuk menyimpan tomat di kulkas menjadi salah satu kesalahan paling umum yang rata-rata dilakukan oleh sebagian orang. Walau diantaranya menyimpan tomat pada lemari es menjadi dasaran paling utama yang dikatakan benar karena akan terlihat lebih segar dan lebih tahan lama. Namun, pada rasa sendiri akan memiliki perubahan sedikit dan tekstur yang dimiliki si tomat otomatis akan berubah juga. 

Suhu yang memang benar dalam menyimpan tomat itu sendiri, jauhkan langsung dari adanya paparan sinar matahari agar nantinya tidak mudah layu dan juga cepat sekali mengalami pembusukan. Pemakaian tomat sendiri bisa untuk disimpan selama seminggu sebelum kalian konsumsi. 

1.6 Buah > Pisang 

Untuk kalian yang sering menyimpan buah pisang hasil panen dari kebun dikarenakan tumbang dengan sendirinya, yang mana buah tersebut belumlah matang. Maka, mampu untuk memperlambat adanya enzim yang bisa menyebabkan pematangan pada pisang itu sendiri. Terlebih lagi, si enzim ini jadi tidaklah efektif lagi ketika langsung dikeluarkan kembali dari lemari es sampai pada akhirnya si pisang tidak mengalami kesempurnaan pada pematangannya tersebut. 

Untuk cara yang terbaik membuat si buah pisang ini tahan lama ialah dengan kalian menyimpan buah pisang dalam suhu kamar dan juga di tunggu hingga matang yang kemudian bisa kalian simpan pada lemari es kalian sendiri. Pisang yang ada di dalam kulkas memang kulitnya akan mengalami perubahan yakni menghitam secara menyeluruh, namun masih mendapatkan buah yang segar di bagian isinya tersebut. Cara inilah yang bisa untuk memperpanjang adanya ketahan si buah pisang itu sendiri. 

1.7 Sayur > Brokoli 

Pada sayuran jenis brokoli ini sendiri memang dibutuhkan sebuah sirkulasi udara yang baik, agar nantinya tidak cepat dalam mengalami kebusukan. Kalau ingin mendapatkan kesegaran dari si brokoli itu sendiri, ya mau tak mau harus kalian makan saat itu juga ( dengan cara direbus dan berilah sedikit garam saja juga sudah menambah banyak serat baik bagi tubuh ). 

Namun, jika kalian membeli brokoli ini dalam satuan yang banyak.. Maka,  kalian bisa menjaga si brokoli ini agar tetap awet lama dengan cara membungkus si brokoli tersebut menggunakan tisu dapur yang juga lembab. Hindari untuk menyimpan brokoli dengan cara menutup wadahnya dan juga jangan kalian cuci terlebih dahulu si brokoli sebelum benar-benar kalian simpan di lemari es. Hal inilah yang membuat si brokoli membawa pembusukan dengan cepat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *