Trik Rahasia Pengobatan Depresi

Mengidap depresi bukanlah sesuatu yang harus membuat Anda merasa malu dan tidak percaya diri. (Source: unsplash.com)

Apakah Anda atau orang yang disayangi memiliki depresi? Apabila iya, Anda mungkin tahu bahwa melakukan pengobatan memang membantu. Tetapi, apakah ada cara untuk mencegah terjadinya depresi? Meski tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa depresi dapat dicegah, akan tetapi Anda dapat merubah cara Anda untuk menghadapi stres yang dapat menyebabkan depresi. Apabila Anda memiliki depresi, Anda dapat membuat depresi tersebut tidak semakin parah.

Lalu, bagaimana caranya?

Cegah Depresi Kembali Lagi

Meskipun para dokter masih belum tahu apakah menghentikan depresi merupakan hal yang memungkinkan, akan tetapi Anda mungkin dapat mencegah depresi untuk kembali lagi setelah Anda mengalami sebuah episode. Bahkan, beberapa ahli terapi menggunakan pendekatan terapi kognitif berbasis kesadaran (mindfulness-based cognitive therapy atau MBCT) untuk melakukannya.

Dalam melakukan MBCT, para ahli terapi menggabungkan terapi kognitif (yang membuat Anda merubah cara berpikir Anda) dengan kesadaran. Tujuan dari kesadaran tersebut adalah untuk menitik beratkan pada apa yang sedang terjadi sekarang. Metode tersebut bertujuan untuk membantu orang-orang pengidap depresi agar lebih sadar akan pikiran mereka yang bersifat negatif, dan belajar cara untuk mengontrol pikiran negatif tersebut. Tidak hanya agar mereka menjadi manusia yang lebih positif, tetapi juga agar mereka tidak menjadi seseorang yang negatif yang dapat membuat orang-orang di lingkungannya semakin menjauh dari mereka.

Selain itu, psikoterapi lainnya seperti terapi interpersonal yang berfokus pada hubungan juga sudah dinyatakan sebagai cara yang efektif dalam mencegah depresi kembali lagi. Beberapa cara lain yang dapat mempengaruhi seorang pengidap depresi untuk mengurangi episode depresi terjadi secara berkelanjutan adalah dengan meminum obat yang telah diberikan secara teratur, melakukan perubahan gaya hidup, dan mengonsumsi asupan makanan penuh nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah seperti itu dapat mengurangi beberapa episode depresi baru sebanyak kurang lebih 25 persen atau lebih. Namun, pada ahli masih harus melakukan penelitian lebih lanjut akan langkah-langkah pengurangan episode depresi tersebut sehingga di masa depan nanti, masyarakat memiliki cara yang memang terbukti ampuh untuk mencegah terjadinya depresi sejak dini.

Meskipun beberapa metode di atas bukanlah cara pengobatan depresi yang ampuh untuk menghilangkan depresi secara total, tetapi pengobatan depresi yang disebutkan di atas mampu untuk mengurangi tingkat episode depresi terjadi kembali.

Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Pengobatan Depresi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hingga saat ini para ahli masih belum menemukan cara yang pasti untuk mencegah depresi ketika masih gejala awal. Akan tetapi, Anda dapat mencari cara untuk mengatasi stres agar tidak berlarut, dan juga Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Selain itu, Anda juga harus menjaga diri dan kesehatan dengan cara mendapatkan tidur yang berkecukupan, mengonsumsi beragam macam makanan sehat, dan melakukan olahraga yang teratur.

Apabila langkah-langkah pengurangan depresi melalui diri sendiri dirasa masih kurang cukup, maka Anda dapat melakukannya dengan bantuan orang lain. Baik itu melalui kerabat dekat, keluarga, dan juga para ahli kesehatan profesional. Anda dapat melakukan pengecekkan rutin dan pergi ke ahli terapi Anda setiap kali Anda merasakan sesuatu. Apabila depresi yang Anda rasakan semakin parah, jangan menunggu dan langsung cari bantuan.

Pengobatan Depresi Bagi Mereka Yang Depresi

Mengidap depresi bukanlah sesuatu yang harus membuat Anda merasa malu dan tidak percaya diri. Maka dari itu, jangan sungkan untuk mencari bantuan kepada teman, keluarga, dan tenaga medis profesional yang dapat membantu Anda. Apabila Anda diberi obat, maka minumlah obat tersebut secara rutin sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter. Kemudian, jangan sampai Anda tidak datang ke sesi terapi yang sudah dijadwalkan. Biarkan dokter mengetahui apa yang Anda rasakan dan keluhkan, beritahu mereka apabila ada obat yang membuat depresi Anda semakin parah.

Alkohol memang nikmat untuk diminum ketika sedang bersenang-senang dengan orang-orang yang dekat dengan Anda. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak meminum alkohol dan mengonsumsi narkoba jenis apapun. Meski hal-hal tersebut dapat membuat Anda senang, akan tetapi barang-barang itu dapat membuat depresi Anda semakin susah untuk diobati.

Untuk penanganan stres sendiri, Anda dapat melakukan kegiatan yang akan membuat Anda rileks seperti melakukan yoga atau meditasi. Tidak hanya itu, berkumpul dengan keluarga dan teman dekat juga merupakan sebuah meditasi yang ampuh yang dapat dilakukan oleh Anda agar merasa nyaman dan santai.

Mengikuti sebuah grup yang dipenuhi oleh pengidap depresi juga dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dengan depresi yang Anda miliki. Anda akan merasakan adanya koneksi antara satu anggota dan anggota yang lain karena Anda mengalami hal yang sama. Dengan mengikuti grup tersebut, Anda juga dapat menjadi lebih kenal dengan diri Anda sendiri sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang membuat depresi Anda semakin parah.